MIN 6 SUKOHARJO

( MIN NGLAWU )

Assalamu'alaikum

Selamat Datang. Anda telah mengunjungi situs resmi MIN 6 Sukoharjo ( MIN Nglawu ). Madrasah Negeri setingkat SD berbasis keislaman di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
Lulusan MIN 6 Sukoharjo mempunyai hak yang sama dengan lulusan SD untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, yakni SMP maupun MTs. Negeri maupun swasta.
Materi Pelajaran Agama dan Umum diberikan secara proporsional serta ditambah muatan lokal. Dengan demikian MIN 6 Sukoharjo merupakan pilihan yang tepat bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan putra - putrinya sebagai investasi dunia akherat.

Posts

Comments

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Berita dan Artikel

    Posted by: MIN NGLAWU Posted date: 11.43 / comment : 2




    Menulis komentar di raport sama susahnya dengan bersikap obyektif dalam keseharian dengan siswa. Saat menulis komentar di raport, guru sebenarnya bisa berbicara lebih dalam dari hanya sekedar berbicara soal nilai. Boleh saja dalam hal pengetahuan seorang siswa mendapat nilai 9, tetapi bagaimana menggambarkan dan menyampaikan kemampuan ia dalam bekerja sama, cara ia menangani masalah di kelas sampai bagaimana ia bersosialisasi dalam keseharian dikelas?  Padahal sebagai pendidik kita semua percaya bahwa kemampuan kerja sama dan ‘life skills’ lain yang akan membuat siswa sukses di masa depan. Bagaimana juga menyampaikan bagaimana seorang siswa yang mempunyai masalah perilaku di kelas, namun sebagai guru kita tetap menghargai usaha kerasnya untuk berubah dan tetap mencari ‘apa hal yang positif dari anak ini?’ Berikut ini adalah contoh komentar, kesemua nama menggunakan nama Agus untuk menyamarkan, mudah-mudahan berguna untuk anda
    Untuk siswa yang sudah baik dan memenuhi harapan guru
    Agus mempunyai komitmen yang tinggi untuk  bekerja dengan teliti dan  menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Ia selalu berusaha untuk positif, senang bekerja sama dengan orang lain,  mandiri dalam mengerjakan tugas serta mempunyai standar di atas rata-rata kelas. Agusmampu memusatkan perhatiannya dengan baik bila guru menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat memahami dan menguasai konsep-konsep baru yang diajarkan.  Pertahankan antusiasme belajarmu di kelas 5, Agus!
    Agus mempunyai kemampuan,  komitmen dan motivasi yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia juga mempunyai standar yang tinggi terhadap pekerjaannya. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Agus sudah mulai menggunakan kemampuan pemecahan masalahnya yang diatas rata-rata dalam presentasi dan kerja kelompok. Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan tugas serta dapat menunjukkan keterampilan kepemimpinan sekaligus menjadi anggota tim yang baik dalam kelompok kecil dan besar.
    Agus mempunyai komitmen yang tinggi untuk menggunakan waktu secara efisien sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Ia dapat mengolah dan menyusun informasi dari teks bacaan, hasil wawancara dan sumber-sumber lain untuk kegiatan risetnya dengan sangat baik. Keterampilan pemecahan masalahnya pun di atas rata-rata. Ia selalu berusaha untuk mandiri dalam mengerjakan tugas dan dapat  menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang baik dalam kelompok kecil dan besar.  Ia juga secara konsisten dapat menggunakan keterampilan berkomunikasi lisannya dengan baik saat berdiskusi atau mempresentasikan hasil risetnya, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
    Untuk siswa yang perlu perhatian untuk kinerja di tahun depan
    Agus menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu, bahkan terkadang lebih cepat dari temannya. Namun agar hasilnya lebih maksimal ia perlu lebih berhati-hati dan memeriksa kembali pekerjaannya sebelum menyerahkan kepada guru. Agus mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya. Dalam pelajaran Matematika, Agus masih membutuhkan waktu lebih banyak dalam memahami konsep-konsep baru. Diharapkan Agus dapat lebih tenang dan teliti saat mengerjakan soal, dengan membaca dan  mendengarkan instruksi yang diberikan secara hati-hati. Pada Term 4 ini sebenarnya Agus bisa lebih menguasai pembelajaran jika ia bisa lebih konsisten untuk datang dengan tepat waktu di sekolah. Semoga di Kelas 5 nanti hal ini bisa lebih mendapat perhatian.
    Agus adalah seorang siswa yang punya jiwa artistik. Walupun masih sedikit senang melamun, Agusmulai terlihat antusias baik saat berdiskusi maupun saat melakukan kegiatan eksperimen. Kemampuannya dalam memahami bacaan dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan mengalami peningkatan, namun ia masih perlu banyak berlatih untuk menuangkan ide-idenya secara  lebih sistematis dan berkonsentrasi dengan pekerjaan.  Dalam pelajaran Matematika,Agus diharapkan dapat meningkatkan komitmennya untuk lebih serius dan fokus saat mengerjakan tugas di kelas dan tidak mudah menyerah serta mau bertanya saat menghadapi soal-soal yang menurutnya sulit.
    Siswa yang melalui tahun ini dengan kerja keras dan butuh dukungan
    Agus mulai aktif memberikan idenya saat diskusi kelas dan kelompok. Dalam kegiatan bekerja dengan kelompok, ia selalu berusaha keras untuk menjadi anggota tim yang baik. Agus sangat menikmati pelajaran Matematika. Dalam pelajaran tersebut Agus dapat menunjukkan partisipasi aktif dan cepat menguasai konsep baru. Sayangnya dalam pelajaran lain Agus terkadang belum memberikan potensi terbaiknya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia  Agus masih mengalami kendala mengemas informasi ke dalam bentuk tulisan. Agus diharapkan dapat memusatkan perhatiannya dengan lebih baik bila guru menjelaskan suatu materi. Agar bisa sukses di kelas 5 nanti, Agus perlu berkomitmen untuk menyelesaikan tugas tepat waktu, berlatih terus  memperbaiki tulisan tangannya serta menggunakan waktu secara efektif untuk hasil belajar yang lebih maksimal.
    Siswa yang mengalami peningkatan pesat di cawu ini
    Di Term 4 ini Agus mulai menunjukkan komitmen untuk berkonsentrasi dan tidak mudah membiarkan orang lain mengalihkan perhatiannya saat mengerjakan tugas. Ia mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya. Dalam pelajaran Bahasa Inggris Agus sangat pesat peningkatannya, terutama dalam tata bahasa Inggris. Selamat Agus,  pertahankan prestasimu di kelas 5 nanti!
    Agus menunjukkan kemandirian dan mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan semua pekerjaannya dengan tepat waktu. Ia mampu mengumpulkan informasi, memberikan alasan pendukung, dan membuat kesimpulan yang logis pada saat menyampaikan hasil risetnya. Agus terampil memimpin rekannya dalam kelompok kecil dan besar, namun harus lebih  memusatkan perhatiannya dengan baik bila guru sedang menjelaskan suatu materi sehingga ia cepat memahami dan menguasai konsep-konsep baru yang diajarkan. Dalam pelajaran Bahasa Inggris,  Agus juga sangat pesat peningkatannya. Selamat Agus,  pertahankan prestasimu di kelas 5!
                    ( Sumber : http://gurukreatif.wordpress.com/ )

    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    2 for Contoh-contoh komentar di raport

    1. keren sekali analisisnya, memang sepertinya raport tidak tergantikan

      BalasHapus
    2. Bagaimana cara memberikan komentar bagi siswa yang nakal tapi nilainya selalu bagus?

      BalasHapus

    Komentar dan masukan harap sopan, tidak mendeskreditkan pihak tertentu dan bukan spam. Komentar yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan dihapus.

Comments

The Visitors says