MIN 6 SUKOHARJO

( MIN NGLAWU )

Posts

Comments

MIN 6 SUKOHARJO

BERSINAR ( Bersih Sehat Indah Nyaman Aman Rapi )

Kunjungi

Media Sosial kami

Berita dan Artikel

    Posted by: MIN NGLAWU Posted date: 08.09 / comment : 0


    1. Siswa membaca komik saat KBM berlangsung
    a. Kemungkinan penyebab
    • Siswa tidak suka pada pelajaran
    • Siswa tidak suka dengan guru yang sedang mengajar
    • Siswa tidak mood mengikuti pelajaran
    • Siswa merasa bosan dengan pelajaran
    • Suasana KBM terlalu santai
    • Guru hanya duduk di depan
    • Guru tidak pernah menegur siswa yang membaca komik
    • Siswa merasa sudah bisa
    b. Alternatif solusi
    • Guru membuat siswa tertarik mengikuti pelajaran dulu
    • Guru membuat siswa suka pada guru dulu
    • Guru membangkitkan semangat siswa dulu
    • Guru menciptakan variasi pembelajaran dengan permainan, metode yang menarik dan diselingi humor – humor yang menyenangkan
    • Guru sebaiknya memperluas kesempatan belajar bagi siswa
    • Guru perlu berjalan keliling kelas agar siswa merasa dipantau
    • Guru memegur siswa yang tidak fokus pada pelajaran
    • Guru menyuruh siswa yang sudah paham untuk mengerjakan soal di depan
    2. Siswa tidur di kelas saat KBM berjalan
    a. Kemungkinan penyebab
    • Siswa tidak suka pada pelajaran
    • Siswa mengantuk
    • Siswa tidak suka pada guru yang sedang mengajar
    • Siswa bosan dengan pelajaran
    • KBM monoton
    • KBM tidak menarik
    • Siswa kekenyangan
    • Siswa sakit amandel
    • Siswa begadang semalaman
    • Suara guru terlalu merdu
    b. Alternatif solusi
    • Guru membuat siswa suka pada pelajaran dulu
    • Guru menyuruh siswa cuci muka
    • Guru tampil semenarik mungkin di kelas
    • Guru mengajar dengan teknik yang menarik
    • Guru menciptakan variasi dalam mengajar
    • KBM dibuat semenarik mungkin, dengan diselingi games, songs, or videos
    • Guru memberi tugas pada siswa uuntuk mengerjakan soal di depan atau membaca keras text bahasa inggris di depan
    • Siswa disuruh kedepan untuk mempraktekan dialog agar tidak mengantuk
    • Guru menyuruh siswa yang mengantuk utuk menyayi di depan, lagu bahasa Inggris
    • Guru membatasi waktu bicaranya,agar siswa bisa lebih aktif.
    3. Siswa diam ketika diberi pertanyaan oleh guru
    a. Kemungkinan penyebab
    • Siswa tidak tahu jawaban pertanyaan guru
    • Siswa takut jawabannya salah
    • Siswa tidak percaya diri menjawab dengan bahasa Inggris
    • Siswa takut dikatakan sok pintar
    b. Alternatif solusi
    • Guru memberi waktu bagi siswa untuk berfikir atau mencari jawaban di buku
    • Guru menekankan bahwa jawaban benar atau salah tidak masalah
    • Guru memberi tahu bahwa menjawab pertanyaan adalah salah satu kesempatan untuk berlatih berbicara dengan bahasa Inggris
    • Guru memberi pertanyaan pada tiap siswa agar tidak terkesan ada yang sok pintar atau sok tahu
    4. Siswa tidak pernah bertanya saat diberi kesempatan bertanya
    a. Kemungkinan penyebab
    • Siswa takut dikira bodoh
    • Siswa tidak tau apa yang mau ditanyakan
    • Siswa takut dikatakan sok aktif
    b. Alternatif solusi
    • Guru menekankan bahwa siapapun yang tidak paham harus bertanya
    • Guru memancing siswa dengan memberi soal agar ketahuan apakah siswa benar – benar sudah paham atau belum
    • Guru memberi kesempatan pada beberapa siswa untuk bertanya, misalnya 3 siswa atau 4 siswa berurutan
    5. Siswa tidak mengerjakan tugas rumah mereka
    a. Kemungkinan penyebab
    • Siswa malas
    • Petunjuk pengerjaan tugas kurang jelas
    • Siswa tidak bisa mengerjakan
    • Kurang motivasi belajar
    b. Alternatif solusi
    • Siswa yang tidak mengerjakan tugas harus mengulang mengerjakan 5 x agar jera dan lebih rajin
    • Guru memastikan bahwa petunjuk pengerjaan soal jelas.
    • Siswa diminta bertanya cara mengerjakan soal pada teman
    • Guru memberi hadiah bagi siswa yang pekerjaanya benar semua
    6. Siswa berbicara sendiri saat guru menjelaskan materi
    a. Kemungkinan penyebab
    • Guru menjelaskan secara monoton
    • Pelajaran kurang menarik bagi siswa
    • Guru tidak disukai siswa
    • Siswa merasa sudah menguasai materi
    • Siswa takut pada teman jika tidak ikut ngobrol
    b. Alternatif solusi
    • Guru menjelasakan dengan berbagai metode (ceramah, contoh nyata, atau mengambil rekaman dari internet)
    • Guru memberitahu pentingnya pelajaran tersebut bagi kehidupan siswa dimasa yang akan datang
    • Guru mengajar semenarik mungkin
    • Guru memanfaatkan siswa yang sudah bisa untuk menjelaskan pada teman- temannya di depan kelas



    Sumber : http://smpn2lem.blogspot.com

    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

    Leave a Reply

    Komentar dan masukan harap sopan, tidak mendeskreditkan pihak tertentu dan bukan spam. Komentar yang tidak memenuhi kriteria tersebut akan dihapus.

Comments

The Visitors says